Pengarahan Presiden Republik Indonesia Kepada Kepala Daerah Se Indonesia Tahun 2021, 19 Juli 2021

3 000
664
 
*Presiden: Butuh Kepemimpinan yang Kuat di Lapangan untuk Hadapi Pandemi Ini*

Presiden Joko Widodo meminta kepada para kepala daerah baik gubernur maupun bupati atau wali kota untuk fokus kepada penanganan pandemi Covid-19 yang saat ini mengalami lonjakan akibat varian delta. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyampaikan perkiraan akan munculnya varian baru lagi sehingga menyebabkan akhir pandemi akan lebih panjang dari yang sebelumnya diperkirakan.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo saat memberikan pengarahan kepada kepala daerah se-Indonesia melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Senin, 19 Juli 2021.

"Saya minta kepada gubernur, bupati, wali kota yang didukung oleh seluruh jajaran Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) agar semuanya fokus kepada masalah ini, baik sisi Covid-19-nya maupun sisi ekonomi. Manajemen serta pengorganisasian adalah kunci. Saya minta semua mesin organisasi dijalankan dengan sebaik-baiknya," ujar Presiden.

Presiden memandang bahwa untuk menghadapi pandemi ini dibutuhkan kepemimpinan di lapangan yang kuat. Kepemimpinan yang dimaksud Presiden adalah yang menguasai lapangan serta bisa bergerak cepat dan responsif.

"Kepemimpinan lapangan ini harus kuat di semua level pemerintahan, dari level atas sampai level kecamatan, tingkat kelurahan dan desa," imbuhnya.

Presiden memahami bahwa ada aspirasi masyarakat yang meminta agar kegiatan sosial dan ekonomi bisa dilonggarkan. Menurut Presiden, hal tersebut bisa dilakukan jika kasus penularan Covid-19 sudah rendah dan jika kasus dengan gejala berat yang masuk ke rumah sakit juga sudah rendah.

"Bayangkan, kalau pembatasan ini dilonggarkan, kemudian kasusnya naik lagi, dan kemudian rumah sakit tidak mampu menampung pasien-pasien yang ada, ini juga akan menyebabkan fasilitas kesehatan kita menjadi kolaps. Hati-hati juga dengan ini," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara juga kembali menegaskan pentingnya disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, terutama menjaga jarak dan memakai masker. Hal tersebut merupakan salah satu dari dua kunci utama menyelesaikan pandemi Covid-19 ini, selain vaksinasi.

"Kuncinya sebetulnya hanya ada dua sekarang ini. Hanya ada dua. Mempercepat vaksinasi. Sekali lagi, mempercepat vaksinasi. Yang kedua, kedisplinan protokol kesehatan utamanya masker, pakai masker," tegasnya.

"Oleh sebab itu, saya minta kepada gubernur, bupati, dan wali kota yang didukung oleh jajaran Forkopimda, betul-betul semuanya fokus dan bertanggung jawab terhadap semua ini. Pemerintah pusat akan memberikan dukungan," lanjutnya.

Selain mengingatkan pentingnya disiplin protokol kesehatan, masyarakat juga perlu diedukasi tentang cara mendeteksi dini apabila mereka terpapar Covid-19. Presiden berujar bahwa masyarakat juga perlu diarahkan ke mana mereka berkonsultasi dengan dokter, hingga bagaimana cara mereka memperoleh obatnya.

"Masyarakat juga harus tahu cara mendeteksi dini (apabila) tertular Covid-19 kemudian ke mana memperoleh obat dan ke mana berkonsultasi - apakah ke dokter atau ke rumah sakit," jelasnya.

Presiden juga meminta kepada para kepala daerah agar tindakan pendisiplinan protokol kesehatan di sejumlah tempat seperti pasar, pabrik, mal, hingga rumah ibadah didetailkan aturannya.


Bogor, 19 Juli 2021
Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Website: www.presidenri.go.id
ID-card: Sekretariat Presiden

Komentar

Hawa Dingin
Hawa Dingin - 15 jam yang lalu
Varian nangis
Haira
Haira - 2 hari yang lalu
https://youtu.be/CtQBXyJ197c
Siti Huzaifah
Siti Huzaifah - 4 hari yang lalu
Lsm limpw kota Makassar MEMOHON presiden ir H Joko Widodo dalam penanganan covid harus sistim yang dilakukan cek di lapangan serta di lapor kan oleh presiden ir H Joko Widodo oleh stake holder yang terintegrasi terhadap prkaya. Pelayanan Masyarakat di setiap Propinsi di indonesia diikutkan oleh KPK dengan cara presiden ir H Joko Widodo langsung mencek sendiri secara blusukan di setiap apotik, rumah sakit utama nya yang ada di kampung, dusun, Desa, kelurahan, Kecamatan diseluruh indonesia dengan cara online dan mencek di lapangan dan mengambil keputusan mengganti menteri yang tidak mampu
Siti Huzaifah
Siti Huzaifah - 4 hari yang lalu
Lsm limpw kota Makassar MEMOHON presiden ir H Joko Widodo menginstruksikan seluruh Gubernur, Walikota Bupati terintegrasi dengan Kementerian Sosial, kesehatan untuk membuat laporan yang disertai dengan Masyarakat yang terlayani di lihat dan di lapor kan secara lisan didepan presiden oleh Gubernur serta Walikota dan Bupati yang meliputi kukuasaannya setiap Gubernur di indonesia
Nadya Nadya
Nadya Nadya - 5 hari yang lalu
Pak jokowi, bikin "team CCTV grebek" kerjanya sidak semua bawahan/ pejabat negara dan mantau langsung hasil kerja nya sampai mana...Live streaming jadi rakyat tau mana yang kerja nya cepat dan patut di apresiasi dan mana yang kerja nya lama jadi biar gak dipilih lagi untuk next calek.
Menurut saya, masyarakat minta nya gak muluk muluk... rakyat cuman mau keterbukaan. Contohnya aja grebek rumah artis aja rating nya selalu tinggi...berarti masyarakat sebenernya pengen tau semua kinerja semua pegawai nya pak jokowi. Jadi kalau ada masalah biar bapak jokowi bukan orang yang selalu di salahin pak. Sehat selalu ya pak.
BALI TAMAN SEKAR Channel
BALI TAMAN SEKAR Channel - 5 hari yang lalu
Ijin Pak Presiden, arahan Bapak sudah sangat jelas. Khusus dalam hal realisasi dana Bansos, Perlinsos dan BLT Dana Desa yang baru terealisasi dibawah 25% disebabkan karena perencanaan pembangunan di daerah selama ini terbiasa dengan perencanaan makro sehingga yang mikro tak difahami dengan baik. Contoh, para akademisi di daerah kami, tidak faham berapa pekerja pariwisata sdh pindah ke pertanian dan berapa ke perdagangan sebab tak masuk dalam rencana pendataan. Akibatnya akademisi yang duduk di Pokli gak punya data mikro dan salah dalam menyusun strategi transformasi ekonomi daerah. Mereka gak ngerti jeritan bengkel, dan pengusaha minimarket yang yerpaksa tutup. Gak ngerti mengapa eks pekerja pariwisata jualan di atas mobil di pinggir jalan protok dibanding pulang ke desa untuk bertani. Gak faham apa maksud BI bilang aliran tabungan masyarakat minus.
Ketika rapat denhan orang BPS dan BI, dan orang BPS dan BI itu cerita banyak soal mikro itu, mereka bilang, wah saya baru tahu, perlu belajar banyak soal ini. Duh.
Hidup dipandang terlalu akademik. Gak ngerti empiriknya. Kecewa sekali saya Pak. Sarankan perencana daerah jangan makai dan ngikuti yang in the box kayak begitu karena tumpul di saat pandemi ini.
Kami usul, berikan kebijakan darurat khusus bagi rakyat kami di Bali, melalui BI, OJK dan Kemenkeu, agar selama pandemi, rakyat kami dibebaskan dari kewajiban pokok dan bunga hutang bank dulu. BI pasti punya datanya itu. Terimakasih.
Abah Udin
Abah Udin - 6 hari yang lalu
Yth.bpk presiden.sy memberi info demi untuk segera virus corona 19 dan virus lainya segera Allah angkat di negri kita ini ..Bpk presiden yth.Bpk segera mengadakan ISTIGHOSA NADIONAL .dan di siarang oleh seluruh Stasiun Tv.dan Radio .Pemerintah dan swasta.caranya ambil dari tokoh ulama kita .paling tepat Bpk K H.Marup Amin.unuk memimpin doa dan ratusan juta umat islam agar mengamini di depan Tv.atu Radio di rumah nya masing masing dg mengangkat ke dua tangan mendengarkan dan mengamini doa ulama besar kita unuk memohon kpd Allah swt.adapun waktunya agar bisa di ikuti oleh seluruh umat islam se wil Indonesia apa abis sholat magrib.atu sholat isya. Saya yakin atas jutaan umat Allah akan khabulkan ..corona di indonesia akan musnah kasus sembuh di seluruh indonesia akan sembuh .dan kasus meninggal sdh tdk ada lagi .itu lah sekedar ajakan sy semoga bpk se segera mungkin melaksanakannya dan Yakin sekali apabila program ISTIGHOSA NASIONAL ini di laksanakan Allah akan khabulkan .dan biyaya unuk semuanya dlm menanggulangi covid ini .bisa di serahkan kpd sy.atas idzin Allah swt Aamiin. Udin samsudin .Alamat .Perumahan Pondok Daru Permai Blok c.4.No 7
RT.023.Rw.05 Desa Daru kc .jambe ksb .Tangerang.
Jamaludin Farichi
Jamaludin Farichi - 7 hari yang lalu
Hmpir 2 thn pandemi boro" Saya dpt bantuan.....
Novi Setiadi
Novi Setiadi - 7 hari yang lalu
Semoga saja kepala daerah di Indonesia searah dengan arahan presiden.. salam dari Bangka Belitung, kabupaten Bangka Selatan kota Toboali 👍👍👍
Hendro Alfaridzi
Hendro Alfaridzi - 7 hari yang lalu
Pletsiden terbhuruk
Pandu Priyo
Pandu Priyo - 7 hari yang lalu
Kembalikan ekonomi rakyat kecil pak jokowi untuk bangsa indonesia maju sdm unggul merdeka merdeka
Habib Must
Habib Must - 7 hari yang lalu
Sudah bingung ya pk,jd presiden suaranya ga didengar rakyatnya,mungkin ada something wrong pd bapak.
Amel Melati
Amel Melati - 7 hari yang lalu
Ppkm ya ppkm pak tp bantuan yg bwt masyarakat yg terdampak ya jgn di gantung gantung dong
Arif Keyboard
Arif Keyboard - 7 hari yang lalu
Ada vaksin, varian baru bermunculan....
Aneh nggak?
Erik Candra
Erik Candra - 7 hari yang lalu
Pak presiden gajih nakes2 dan relawan khusus menangani covid19 provinsi kalimantan tengah kabupaten Kotawaringin barat /Pangkalanbun
Isentif nakes untuk relawan dari 7,5jt jadi 5,8jt dan untuk TKD dari 7,5jt jadi 2,8jt jika memang tidak ada pemotongan tolong pak presiden di usut .
naning wahita
naning wahita - 7 hari yang lalu
INDONESIA bisaa...ayooo kawan kita kompak dari masarakat ttp ikutin pratokol Dan kerja sama bp presiden jokowi jga kesehatan moga selalu dlm lindungan Allahh swt....
mask gold
mask gold - 7 hari yang lalu
Bapak jokowow maaf pak tolong buatlah aturan yg bener jangan menyilitkan rakyat donk
Smakin anda bnyak bwd aturan yg mkin membuat rakyat sulit sengsara
Anda tau sendiri akibatnya bgamna nnti pak dampaknya
Akan lbh banyak lg rakyat yg akan tdk perduli dgn anjuran aturan yg anda buat pak
Jd hati hati ya pak jokowow
Victor xavier
Victor xavier - 7 hari yang lalu
https://youtu.be/uGCsK2Q3m0I
acai cai
acai cai - 7 hari yang lalu
PAK PERSIDEN SEBENARYA GAMPANG CARA MENGATASIYA ,KASIH MASKER GEATIS DAN DEDA SEBERAT BERATYA APA BILA LUPA PAKE MASKER DAN JAGA JARAK ,AKU PERNAH MERAWAT ORANG KENA CORONA HAYA BERMODAL MASKER KACAMATA DAN SARUNG TANGAN GK TERPAPAR
Mempiai FC
Mempiai FC - 8 hari yang lalu
Varian setian hari datang trus pak..tidak kah bpk berpikir kmi yang di bawah mau mkn apa ..
Sidik Anwar
Sidik Anwar - 8 hari yang lalu
1:43 ada kupu kupu hinggap di belang pak jokowi
regita quinza75
regita quinza75 - 8 hari yang lalu
Bisa ga ya DPR ngubah otonomi daerah ketika ada wabah dan perang misalll...jd smua handle oleh pusat 1 pintu macem2 tegas hanya 1 alur. Kl otonomi kan gimana kepala daerahnya tau sendiri kualitasnya ga smua sama.
Herman Silaban
Herman Silaban - 8 hari yang lalu
mau gimana gak naik kasusnya bos.pasar,mall dibuka.masjid ditutup.
kuncinya ya tutup tempat krumunan nya yg jelas adanya.
Hrs Keadilan
Hrs Keadilan - 8 hari yang lalu
Bossman mardigu Pengusaha Sukses yang Miliki 32 Perusahaan dan pak budi sarwono bupati Banjar negara..
Yg cocok gantiin pak lurah, mundur pak beri kesempatan yg lain buat memperbaiki krisis ini.!!!!
Didy Andrean ANDREAN
Didy Andrean ANDREAN - 8 hari yang lalu
semenjak adanya vaksin.makin melonjak yg positif.makin banyak yg mati.bentar lagi makin banyak yg kelaparan terus makin banyak lagi yang mati.
Yanus Takanjanji
Yanus Takanjanji - 8 hari yang lalu
Angsuran tetap berjalan kerja sdh susah pariwisata di bali mati bpk
Lente Negra
Lente Negra - 8 hari yang lalu
yang korup kubur hidup2 pak..
Einva Vlogs
Einva Vlogs - 8 hari yang lalu
ganti mentri segala urusan
Heri Purwo
Heri Purwo - 8 hari yang lalu
Pak Jokowi Tunjukkan Rapor tiap daerah terkait penanganan covid, di zooming sampai kab/kota, sebaiknya ini yg ditunjukkan BNPB tiap hari, jadi keliatan progress tiap daerah dalam mempraktekan PPKM ini dan penanggulangannya. Sepertinya hanya Pemerintah Pusat yang getol, malah ada daerah yang naik kasusnya di dlm seminggu terakhir PPKM nah itu bukti daerahnya tidak control dan kelolanya tidak efektif
Gus Liong
Gus Liong - 8 hari yang lalu
Jjffi.
Ronemiati Riska
Ronemiati Riska - 8 hari yang lalu
Saya berharap bisa dapat pinjaman modal 10 jt untuk usaha tanam Porang... Usaha perdagangan saya macet sejak pandemi...satu jalan untuk perbaikan untuk bisa pulih pindah usaha tanam Porang...🙏🙏
andi layaw
andi layaw - 8 hari yang lalu
Bapak Presiden yang kami banggakan dan kami cintai.. mohon dilakukan pemeriksaan kepada rakyat yang sudah menerima 2 kali vaksinasi.. apabila antibody/imunitasnya sudah aktif, mohon diberikan surat keterangan dengan batas waktu tertentu, agar kami tidak perlu lagi rapid antigen/PCR setiap kali melakukan perjalanan ke luar kota untuk cari nafkah.. sehingga biaya untuk rapid antigen bisa digunakan untuk membeli susu dan makanan untuk anak-anak kami..
Kami pun tidak keberatan untuk test serology sendiri ke laboratorium yang penting hasilnya bisa dijadikan pertimbangan untuk syarat perjalanan.. terima kasih sebelumnya, Bapak Presiden
Suryani Yani
Suryani Yani - 8 hari yang lalu
Ayo semua bersinergi, kepala daerah hrs mendukung kerja pak Presiden. Semoga selalu sehat pak presiden
Edi Win
Edi Win - 8 hari yang lalu
PPKM = Pala Pusing Kagak Makan.
Aan Samian
Aan Samian - 8 hari yang lalu
trus nasib y perantau gimna pak alahkah adilnya setiap pemilik rekenig bank harus dapat sebab yg prantau tidak dpat btuan apa2 sedangkan bansos di daerah pun gk dpt krj pun tk bisa trus hrus gmna nasib kmi perantau
tolong kami para perantau pak bahkan saat idul adha pun orang jkt pd pesta daging kami perantau haya bisa melihat tdk dapat apa2 ap lg bantuan tunai
achmad arif
achmad arif - 8 hari yang lalu
Pemerintah begitu perhatian,,memberikan dukungan penuh ke masing2 instansi pemerintahan ,,cuman yg vital adalah bagian kesehatan,RS/puskesmas,,coba sekali2 pak presiden minta pendapat publik tentang pelayanan di tiap daerah,,Karena dampak sosial dan tekanan ekonomi itu menjadikan turunan dari covid yg lebih mematiakan,,😢🙏
putri libra
putri libra - 8 hari yang lalu
pak stop TKA ,,,sdh waktunya Indonesia bangun negri sendiri pak,,,dgn SDA dan SDM yg ada pergunakan dgn max pak ,,,yg penting masyarakat gak kelaparan ttp bisa beraktifitas spt biasa,,,dr tingkat daerah dongkrak perekonomian dgn UKM. mg Indonesia mampu berjaya kembali. mg masyarakat dan jajaran pemerintah bisa bekerjasama perang melawan covid. saling bergotong royong.
calon presiden
calon presiden - 8 hari yang lalu
Teori PPKM memang bagus untuk mengurangi lonjakan kasus, kalu itu di logika secara teori.
Tpi saat prakteknya di terapkan di lapangan tidak sejalan dgn angan2 teorinya.

Batuan covid aja tidak merata.dan terlalu ribet ...ada yg dapat ada yg tidak..
Mestinya seluruh warga Indonesia itu berhak dapat bantuan...jdi adil.
Cara yg tepat itu ya seluruh rakyat Indonesia di kasih bantuan.dan
Segala persayaratan2 tidak di bikin ribet.klu bisa di bikin gampang knapa harus di bikin ribet.trakhir lockdown total.
Klu perut msih lapar..jgan kan virus mematikan..kerjaan yg resikonya besar aja tetap di jalani.yg penting perut terisi.
Wendu Aja
Wendu Aja - 8 hari yang lalu
saya sedih melihat bangsa ini semogah pak jokowi sll sehat
Zdjohny Alfredo
Zdjohny Alfredo - 8 hari yang lalu
Semoga kepala daerah dapat menidaklanjuti arahan bpk presiden, kebanyakan kepala daerah hanya perintah marah marah , tidak turun ke lapangan, hanya mendengar laporan akibatnya kepala daerah salah mengambil kebijakan yg merakyat, trims bpk presiden
riza Zal
riza Zal - 8 hari yang lalu
Klu ACEH gk takut corona.kmi takut k pada Allah klu gk ibadah
Marvel Andrean
Marvel Andrean - 8 hari yang lalu
Presiden nya udah bener eehhhhhh bawahan nya masyaalloh.
Aji Page Official
Aji Page Official - 8 hari yang lalu
Alhamdulillah semoga terus diawasi kedisiplinan semua pegawai/pejabat yg bertanggung jawab dilapangan 🙏
Adi Tian
Adi Tian - 8 hari yang lalu
Takut2in terus masyarakat!
Apa susah ny sih jokowi kamu bilang sama masyarakt jangan takut dan jangan panik, ini flu biasa yg bisa di sembuhkan sendiri, jangan takut2i masyarakat, banyak yg sengsara karna ppkm kau ini! Solusi taik!
Indonesia butuh pemimpin yg tegas dan berani!
RD
RD - 8 hari yang lalu
Ayuk Indonesia.. km pasti bisa!
Iskandar As
Iskandar As - 8 hari yang lalu
HAPUS SAJA PPKM pak PRSIDEN kami butuh makan, demi kluarga bayar anak KULIAH Bayar Angsuran. Rakyat MENINGGAL bukan karna COVID tapi karna LAPAR
🇬█   𝔎𝑎𝑟𝑒𝑒𝑚 𝔎alisari│
HAppy Eid Mubarack √
Thank you very much .
Your Excllency
Mr. President of the RI🇮🇩

عِـيْـــــدُ أضْــحٰــــــــی مُـبَـــــــارَك.
شُـكْــــراٍ الجــزِيْــــــرَة│Al Jazeera
وَتَحِـيَّــــــاتِـــي لـشُعْــب قَــطَّــــــار الـشّـَـقِــــيْـــقَــــــة🇧🇭🇧🇭🇧🇭🇧🇭🇧🇭🇧🇭🇧🇭🇧🇭🇧🇭
Red Hair
Red Hair - 8 hari yang lalu
Semangat pak 😇
Azi Zah
Azi Zah - 8 hari yang lalu
Serahkan dan memohon pada allah hanya dia yg tau apa yg akan terjadi di dunia byk berzikir dan berdoa... Makanya jgn musuhi para ulama .allah akan murka trus kalau agamanya selalu di ganggu
rwpohan
rwpohan - 9 hari yang lalu
💪👍
Abdul Latif
Abdul Latif - 9 hari yang lalu
Butuh orang" yg jujur pak jokowi 😅 yg bertanggung jawab dalam menangani covid 19 , dan jga membangun bangsa ini 🇮🇩 , salam sejahtra bagi nusa dan bangsa😅🇮🇩 indonesia ✌salam indonesia maju 😅
AHMADEZAALKHILANI 25
AHMADEZAALKHILANI 25 - 9 hari yang lalu
Ngomong doang...gak ad solusi cerdas...! Bosan dengarnya
Teguh Yudhoyono
Teguh Yudhoyono - 9 hari yang lalu
Presiden obral...janji...janji..
males mendingan makan bipang...presiden Made ini China....presiden yng menyesarakan dan menyusahkan rakyatnya sendiri....
Fajar Menyingsing
Fajar Menyingsing - 9 hari yang lalu
Eman bila ditambah anggaran ppkm. Sbb tak ngaruh ke yg kini sdh bnyk yg susah cari makan (dulu blm)
Elvis Panggalo
Elvis Panggalo - 9 hari yang lalu
Tutup semntra penerbangan dari luar negeri Pak kunjungan para turis dari luar negeri juga..
Agus Wiyanto
Agus Wiyanto - 9 hari yang lalu
GA DI GUBRIS BOS...BODO AMAT
Agus Wiyanto
Agus Wiyanto - 9 hari yang lalu
GUA GA PERNAH TRIMA BANSOS BAIK SEMBAKO ATAU TUNAI...PDAHAL SY KEKURANGAN...INI SRIUS
Wahyu 1234
Wahyu 1234 - 8 hari yang lalu
Bodo amat 😂
aryanto sinaga
aryanto sinaga - 9 hari yang lalu
Memuak kan!!!
DreyHoliday
DreyHoliday - 9 hari yang lalu
ini orang yang opening mall di bekasi taun lalu ya? new normal pak? hahahha
farm moria
farm moria - 9 hari yang lalu
Buyaro mbalek kampung sana Bae.....jgn jual omongan g laku.............hoax hoax terus kerjamu g malu ta...punya jabatan SDH g terhormat
Wahyu 1234
Wahyu 1234 - 8 hari yang lalu
😂
Dipa Bae
Dipa Bae - 9 hari yang lalu
Mulai dri tahun 2019 hingga saat ini..,saya tidak percaya lagi dengan rumah sakit.
Baut 14
Baut 14 - 9 hari yang lalu
Bpk harus sdikit macho jngn bnyk melongo agar kabinet dan para mentri tdk mudah membodohi bpk
ABAL ABAL SQUAD
ABAL ABAL SQUAD - 9 hari yang lalu
Tutup semua akses masuk Indonesia pak. Percuma kita obatin dr dlm. Tapi virus dr luar berdatangan terus. Gak akan ada guna nya.
Ayurrc
Ayurrc - 9 hari yang lalu
Semoga sehat selalu hal baik.
Btw jngn lupa mampir ke chanel aku guys♡
Salonpas Pedas
Salonpas Pedas - 9 hari yang lalu
Tutup pom bensin. Saya jamin semua orang diem di rumah
Bang BO
Bang BO - 9 hari yang lalu
BUBARKAN AJALAH INDONESIA INI PAK, ATAU JUAL SALAH SATU PULAUNYA.. TERUTAMA PULAU KALIMANTAN..
SUDAH 7 PRESIDEN, INDONESIA CUMA GINI-GINI AJA..MUNGKIN PULAU KALIMANTAN BISA LEBIH BAIK JIKA DI LEPAS DARI INDONESIA PAK..
Bang Isyu
Bang Isyu - 9 hari yang lalu
Maskernya jangan dibuka
Deny Agus Sopian
Deny Agus Sopian - 9 hari yang lalu
Alhamdulilah sekarang saya kenyang makan ........... (isi sendiri)
Jhael 11
Jhael 11 - 9 hari yang lalu
Coba 3 solusi ini pak
1.stop anggaran nya
2.hentikan test nya
3.sudahi vaksin nya
Ananto Bekasi
Ananto Bekasi - 9 hari yang lalu
Mana bantuan keuangan utk masyarakat kecil....
Yang paling penting uang Pak...
Ajriel Ril
Ajriel Ril - 9 hari yang lalu
bantuan gk tepat, gk jelas, yg dapet dapet yg gak y gak,
Riyadi Harahap
Riyadi Harahap - 9 hari yang lalu
Saya butuh makan pak bukan butuh makan atau ppkm klian tu
ARS IND 155 dor
ARS IND 155 dor - 9 hari yang lalu
Sadaro utang mu okeh
Taasllimah Iimah
Taasllimah Iimah - 9 hari yang lalu
Iya Pak...
Bolang New Kreator
Bolang New Kreator - 9 hari yang lalu
Sehat selalu Bapak Presiden 🙏🙏🙏🙏🙏
Chintiara Desriani
Chintiara Desriani - 9 hari yang lalu
https://youtu.be/De07glt5jmA
Info Khalayak
Info Khalayak - 9 hari yang lalu
Halah paak ² ... raiso ngatasi...
Zie Celular
Zie Celular - 9 hari yang lalu
Gimanah yang punya utang ke bank pak solusi nyaa rumah takut di sita...kondisi lagih ginih... mohon di ringankan pak jokowi
boy gamer x indonesia
boy gamer x indonesia - 3 hari yang lalu
Ini sudah diberi keringanan
Zie Celular
Zie Celular - 9 hari yang lalu
Gimanah yang punya utang ke bank pak solusi nyaa rumah takut di sita...kondisi lagih ginih... mohon di ringankan pak jokowi
MEGANAY Olivia
MEGANAY Olivia - 9 hari yang lalu
#BOSSMAN MARDIGUWP ❤️🇮🇩
jonnytan
jonnytan - 9 hari yang lalu
Pak Jokowi...tolong kalo sdh mendengar ada varian ke 3 atau kalo negara kita sdh hijau dari varian delta...TOLONG LOCK DOWN NEGARA!!!...Jgn sampai kita kecolongan lagi!!!...Sdh 2 x kita kecolongan...tolong lock down negara pak Presiden!. Kuncinya cuma 1..bukan kepemimpinan lapangan ... tapi lock down negara..agar covid tdk masuk!!..Kalo sdh masuk...maka kita akan kebakaran jenggot lagi. Ini menurut saya.
yuli 408
yuli 408 - 9 hari yang lalu
Yang tegas pak.klau pengarahan.. Coba ngomong yng lantang korupsi saya hukum mati.. 👍👍👍
dimas channel
dimas channel - 9 hari yang lalu
Dislike aja njirr kecwa bgt sm pmrnthan
hri Creative25
hri Creative25 - 9 hari yang lalu
tolong pak di setiap darah di kasih petugas yg amanah untuk memantau bantauanya . biar rayat kecil tau orang yg nakal ini dari RT atau RW atau lurah atau camat atau .....
belajar dari masalalu
Uwais Al-Qarni
Uwais Al-Qarni - 9 hari yang lalu
Yang perlu di pelu di pertanyakan adalah bantuan sosial dan dana desa.
Karena Sumpah demi Allah swt. Banyak rakyat yang belum mendapatkan haknya.
Karomah Lasmini
Karomah Lasmini - 9 hari yang lalu
Presiden bener"serius menangani covid bawahanya yang blegedes
bam tv
bam tv - 8 hari yang lalu
Nggak juga...Kalo serius...sejak awal lockdown....lha ini muter muter bikin istilah doang....
Ahmad Habibulloh
Ahmad Habibulloh - 9 hari yang lalu
Ketahanan nafas panjang tapi GK dikasih makan 😂.
Raifa Foods
Raifa Foods - 9 hari yang lalu
Percaya dan serahkan semuanya sama ALLAH SWT
Muhammad Fadly
Muhammad Fadly - 9 hari yang lalu
bapak bapak enak hidup pada terjamin, lah wong cilik mu ? bosen liat bapak,
Pita 10 Official
Pita 10 Official - 9 hari yang lalu
Saya selaku usaha kecil, Dan dimasa pandemi saat ini, Sangat membutuhkan sekali dana bantuan UMKM, Tapi dari periode 1 s/d 3, Belom mendapatkan ny
Solusi ny bagaimana pak, Sebagai usaha kecil yg terdampak,
Fahrur Rozi
Fahrur Rozi - 9 hari yang lalu
Untuk pak jokowi yg terhoramat... kami kerja di sektor wisata(TOUR GUIDE) tolong di bantu di sektor wisata pak.. terimakasih sebelum nya...
Dian Okta
Dian Okta - 9 hari yang lalu
Semoga pandemi covid 19 cepat berlalu ,ekonomi dapat pulih kembali sehat selalu ...amin.
Kadek Gunawan Bali
Kadek Gunawan Bali - 9 hari yang lalu
Jgn percaya WHO Pak,
Bagol Bagol, channel
Bagol Bagol, channel - 9 hari yang lalu
Seharusnya swab gratis diseluruh rumah sakit dan klinik pak......
Ilham motovlog
Ilham motovlog - 9 hari yang lalu
Pokonya pak jokowi idola gua ini
albus
albus - 9 hari yang lalu
1:13
Siapa yang fokus pada kupu - kupu yang melintas terbang saat Bapak Presiden sedang menyampaikan arahan?
" semoga menjadi pertanda dan alamat yang baik bagi bangsa dan negara Indonesia amin"
🙏🏼
indra cbm
indra cbm - 9 hari yang lalu
Parah kepala daerah kerja nya lambat kayak Kura Kura jalan nya ngak tau kenapa apa lah Karna malas atau memang bego Kali ya.
soni rahmat
soni rahmat - 9 hari yang lalu
Turis bebas keluar masuk dan nge flog tanpa masker di Indonesia..orang Indonesia sendiri ga pake masker di penjara dan keluar kota ga bisa..Salam akal sehat
Terimakasi kebijakannya
Mas Giyarto
Mas Giyarto - 9 hari yang lalu
Dana kesehatan cabot pak
Ditakusuma Susanti
Ditakusuma Susanti - 9 hari yang lalu
Taat prokes? Pakai masker?
Ketika kita sudah taat prokes, dan pakai masker double. Tapi lawan bicara kita seakan abai akan prokes? Bagaimana?
Percepat vaksin?
Maaf Pak, disini minim sekali info vaksin. Sekalinya ada info vaksin, langsung penuh pendaftarannya
Berikutnya