KSAL Ungkap Kru Kapal KRI Nanggala Sempat Berusaha Selamatkan Diri di Keadaan Darurat, Ini Faktanya

31 385
1 647
 
TRIBUN-VIDEO.COM - Kru KRI Nanggala 402 diketahui sempat berusaha selamatkan diri saat keadaan darurat sebelum kapal selam tersebut tenggelam di laut utara Bali.
Berdasarkan temuan dari TNI, kru kapal diduga berusaha mengeluarkan baju keselamatan yang ada di dalam kotak khusus.
Namun baju keselamatan tersebut diduga tidak sempat dipakai.
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono,menjelaskan, escape suit MK 11 (baju keselamatan awak kapal selam) menjadi barang yang ditemukan oleh ROV MV Swift Rescue dari Singapura.
Escape suit MK 11 tersebut biasanya disimpan di dalam kotak dan dikeluarkan dalam keadaan darurat.
Dengan temuan ini, KSAL menduga bahwa kru kapal mengalami kedaruratan hingga berusaha untuk mengambil baju itu dari dalam kotak.
"Escape suit MK 11 yang biasanya ini disimpan di kotak, tetapi ini bisa lepas berarti ada kedaruratan sehingga diambil dari kotak akan dipakai," kata Yudo dalam konferensi pers secara virtual, Minggu (25/4/2021).
Yudo menduga, escape suit MK 11 tersebut memang sempat dikeluarkan, tetapi belum sempat dipakai karena adanya kondisi darurat.
"Harusnya ini tersimpan di kotak, dipakai ketika terjadi kedaruratan. Nah, karena ini lepas, berarti sempat di situ terjadi kedaruratan, mungkin enggak sempat pakai atau saat dipakai (kapal) goyang sehingga lepas," ujarnya.
Diketahui, MV Swift Rescue menemukan kontak visual dengan KRI Nanggala 402.
Badan kapal tersebut diketahui terbelah menjadi 3 bagian dan ditemukan di kedalaman 838 meter.
Ia menuturkan ada bagian kapal yang masih utuh, tetapi ada bagian yang retak kecil.
"Bagian terbuka ini (menayangkan gambar) berserakan tidak terlalu jelas karena bawah laut tidak terang tadi pagi ini, bagian-bagian dari dalamnya kapal. Dan ini bagian terbuka dan lepas," ucapnya.
Dengan kondisi kapal selam yang berada di kedalaman 838 meter, sangat kecil kemungkinan kru kapal tersebut bisa diselamatkan,
"Tadi sudah disampaikan Panglima TNI rasa duka tentunya mereka menjadi korban dalam kejadian ini," pungkasnya.
(Tribun-Video.com)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Baju Keselamatan Ditemukan, Awak KRI Nanggala Diduga Tak Sempat Pakai, KASAL Ungkap Kemungkinan Ini,
www.tribunnews.com/nasional/2021/04/25/baju-keselamatan-ditemukan-awak-kri-nanggala-diduga-tak-sempat-pakai-kasal-ungkap-kemungkinan-ini
Lamanya: 3:29

Komentar

LPKN Neman
LPKN Neman - Hari Yang lalu
Masa h8ngga skrg jblm ada mayat yg jd bukti
Hak Jainul
Hak Jainul - 9 hari yang lalu
Btw misal pakai baju keselamatan udh terlanjur kmudian dia tau tau udh di dlm 800 m. Apa mungkin bisa efektif bajunya ?
Mujae M
Mujae M - 10 hari yang lalu
Pada mo RX
Putri Zihan
Putri Zihan - 11 hari yang lalu
innalillahi....semoga allah sellu memberkian pertolongan di setiap detik.. di permuhdah jalan nya menuju selamat dari ujian...amin ya robb
Putri Zihan
Putri Zihan - 11 hari yang lalu
innalillahi....semoga allah sellu memberkian pertolongan di setiap detik.. di permuhdah jalan nya menuju selamat dari ujian...amin ya robb
Iwan Budiman
Iwan Budiman - 12 hari yang lalu
Tidak ada yg gagah
Winda Nita
Winda Nita - 12 hari yang lalu
Smoga awak kapal husnul khotimah
Aji Haryadi
Aji Haryadi - 12 hari yang lalu
Ikut berduka cita yg sedalam dalamnya
Rina Fatmala
Rina Fatmala - 13 hari yang lalu
Teagedi memilukan ini membuat saya bersedihh . Tak mampu membayangkan
Tiens Sumaryati
Tiens Sumaryati - 13 hari yang lalu
Mungkin harus siap sudah di pakai...baju keselamatan langsung di pakai sebelum..menyelam...jangan di simpan di kotak...wajtu cuman beberapa detik saja....ma syaa Alloh...
Ratu Aisyah
Ratu Aisyah - 14 hari yang lalu
Ya Allah semoga semua awak kapal husnul khotimah.yg di tinggalkan di beri keikhlasan dan ke tabahan Aamiin
Tech ID
Tech ID - 14 hari yang lalu
Latihan kok di kedalaman segitu?, Tolong penjelasan
Suep Per
Suep Per - 14 hari yang lalu
Mohon di berilmu Acuan ya pak bukan Pelajaran seperti ini.. Sudah Mau meniggalkan dunianya Baru Cari baju penyelamatan..kasian pak nahkoda Kapal selam nya mending diperbaiki Kalo bsa dipakaikan langsung..
Suep Per
Suep Per - 14 hari yang lalu
Kenapa seragam penyelamatan Harus disimpan simpan??? Dan kenapa disebut baju penyelamatan bukan seragam nahkoda Kapal selam???Dan Kenapa tidak dipakaikan langsung selayaknya seragam Kapal selam??? Ataw tersirat"dikepala kolonel Kalo kita dipakaikan langsung kpda Pasukan, letnan Ataw kolonel Mendo'kan kita celaka / tenggelam?? .apa Ada sebuah pertanyaan dri pasukan mu??
.neil Armstrong Saja sebelum melakukan peluncuran ke luar angkasa sudah disiapkan kan terlebih dahulu Dari peluncuran, mulai pakaian anti Panas Sampai kesehatan Dan tank oksigen yg sudah disediakan kenapa ini pilot Kapal selam tidak??terharu Dan sedikit memilukan bukan Menjadi Acuan " ..."tapi Malah jadi Pelajaran... !!!!entah apA Pelajaran nya!! Moga tersampaikan Dan Menjadi sebuah Acuan utk nahkoda Kapal selam lain nya.. Kali dipakaikan Lebih efisien Dan lebih terandalkan.. End lebih elegant..
Suep Per
Suep Per - 14 hari yang lalu
Kenapa baju keselamatan itu tidak langsung dipakaikan pak sebelum peluncuran Kapal selam? kenapa Harus seragam biasa??? Menutup kemungkinan Ada hal kecelakaan seperti ini Bsa langsung terselamatkan dan sudah terpakai awak/orang sebelum peluncuran Kapal selam/menyelam??? Dan tidak disiapkan nya tabung oksigen yg sudah nempel dibaju awak/orang yg mengendarai Kapal selam? ApA itu jadi beban Ataw gmnna??? Kalo langsung dipakai panas Ataw gmna???kenapa keselamatan tni kita tidak terpelajari sedari Dulu juga.. Sedangkan sudah banyAk hal kecelakaan seperti ini?? sebelum Dan sesudah nya..??? Kenapa Harus disimpan baju penyelamat nya??? Dri Dulu hal ini sering terjadi.. seharusnya sudah dipelajari angkatan laut trutama awak/orang yg membawa Kapal selam...
Sergio Bagja
Sergio Bagja - 14 hari yang lalu
Kapasitas maksimum 30 orang kok ada 53 orang?
Alikha Kartika
Alikha Kartika - 14 hari yang lalu
Lebih baik mulai skg hrus lebih bersdia senantisa memakai baju pelampung demi keselamatan yang tak diduga
Masye rorong
Masye rorong - 14 hari yang lalu
😭😭😭
Qori Bukittinggi
Qori Bukittinggi - 14 hari yang lalu
Saya dari malaysia mengucapkan turut berduka cita atas tenggelam nya kapal selam indonesia. Salam dari malaysia. We love you indonesia
DARI DAPUR CIKNA
DARI DAPUR CIKNA - 15 hari yang lalu
salam takziah buat seluruh keluarga semoga roh mereka dicucuri rahmat dan ditempatkan bersama org2 solihin
BAGUS TV
BAGUS TV - 15 hari yang lalu
Kecil kemungkinan selamat krn pasti ada sistem elektrikal yg pasti akan mengalir bersamaan dgn air yg masuk apalagi dgn kapal seram yg besar sprt itu yg perlu tenaga listrik yg besar juga.
Advan Phone
Advan Phone - 15 hari yang lalu
Insyaallah syahid semuanya bravo TNI
urang pantai channel
urang pantai channel - 15 hari yang lalu
Mungkin mereka melepaskan itu untuk penanda supaya orang tahu keadaan dan mencari mereka
Katimun Inde
Katimun Inde - 15 hari yang lalu
Mudah mudahan ada ke ajaiban di bulan ramadhan ini.... Amin......
Katimun Inde
Katimun Inde - 15 hari yang lalu
Mudah mudahan ada ke ajaiban di bulan ramadhan ini.... Amin......
Mr Galeri
Mr Galeri - 15 hari yang lalu
Hukum mati koruptor dengan cara ditenggelamkan kasih pemberat di kakinya
agung maniso
agung maniso - 15 hari yang lalu
ngak keliatan jenazahnya
SURDIN TV
SURDIN TV - 15 hari yang lalu
Demi menjaga kedaulatan bangsa pahlawanku rela mempertaruhkan nyawa nya ,komandan abadi perjuangan mu ❀️
Aswin Sebatik
Aswin Sebatik - 15 hari yang lalu
Innalilahi wa Inna ilaihi raajiun
Kemungkinan ada yg selamat
Allah lebih maha kuasa atas segala sesuatu
Donna Karan
Donna Karan - 15 hari yang lalu
Semoga husnul Hotimah semua pahlawan2 aqu Di bulan ramadan ini Yarob
Elisya lintang
Elisya lintang - 15 hari yang lalu
Kasihan banget semoga aja secepatnya di temukan
Bibit Try Cahyono
Bibit Try Cahyono - 15 hari yang lalu
Poinnya gara gara KORUPSI berakibat menghilangkan nyawa orang lain yaitu kru Nanggala 402.... Sampai kapan negara ini bebas dari para koruptor disegala bidang yang hanya mementingkan kemapanan dirinya sendiri tanpa memikirkan kelangsungan hidup anak cucu nya.... Semoga azab Allah akan membuat mereka jera... Amiiin πŸ™πŸ‘
assala mualaikum
assala mualaikum - 16 hari yang lalu
gak kebayang pasti semua panik.
mereka bertugas bersama sama dan mungkin saling berpelukan sampai ajal menjemput.
semoga semua mendapatkan kedamaian di surga
Frank Frank
Frank Frank - 16 hari yang lalu
Subhanallah walaupun kau tiada akan tetapi jasa mu akan sllu di kenang pahlawanku
Aratul art
Aratul art - 16 hari yang lalu
Jadi ingat film kapal tggelam Rusia...
Farah Hamzaini
Farah Hamzaini - 16 hari yang lalu
Mereka berusaha untuk hidup😭
ndaruAja
ndaruAja - 16 hari yang lalu
Ya pasti berusaha menyelamatkan diri lahπŸ˜„πŸ™
Alvi
Alvi - 16 hari yang lalu
terima kasih singapura
Dody Setiawan
Dody Setiawan - 16 hari yang lalu
Sampe saat ini saya masih menunggu kepastian ya Allah,semoga baik baik saja dengan prajurit2ku allfatihah buat kalian selalu ku panjatkan ,,semoga ada keajaiban ya allah
PewDiePie ΰͺ¨
PewDiePie ΰͺ¨ - 16 hari yang lalu
Dadan Lope ajiji
Auvia Sabrina
Auvia Sabrina - 16 hari yang lalu
SMG Allah memberikan tmpt yg terbaik pahlawanku.amieen
Wahyu 90
Wahyu 90 - 16 hari yang lalu
Dalam kedalaman 500 aja itu tekanannya udah kayak injakan 10 gajah dewasa, apa lagi 830m,tekananya ngelebihin 23 gajah dewasa, jadi kebanyang kan kalau seandainya tubuh kita di injak gajah sebanyak 23 ekor, pasti bakalan remuk. πŸ˜”πŸ₯ΊπŸ˜­πŸ˜­
April Lia
April Lia - 16 hari yang lalu
Selamat jalan pahlawanku,jasamu selalu di kenang ,,
Fendy Ganzz'
Fendy Ganzz' - 16 hari yang lalu
😭😭
Neneng Darlina
Neneng Darlina - 16 hari yang lalu
Tonton chanel POIN kalian akan tau yg sebenarnya.. udah 7jt viewer... Indonesia tak sehat
ruse_didi channel
ruse_didi channel - 16 hari yang lalu
Orang Indonesia: kalo barang kendaraan/transportasi meski lawas tapi masih bagus, masih layak digunakan
Orang Luar: kalo kendaraan/transportasi fungsinya tidak sesuai dengan yg dibutukan pasti ganti yang baru sesuai kapasitas operasional
*intinya pelit sama uang :(
Englishvit Channel
Englishvit Channel - 16 hari yang lalu
Rest In Peace Sailors
bamsakha ibam_Na
bamsakha ibam_Na - 17 hari yang lalu
rasa nya gak mungkin hingga hancur jadi tiga bagian atau lebih, itu besi bukan krupuk
M. Bimo Harjanto
M. Bimo Harjanto - 17 hari yang lalu
Tolong blajar bahasa inggris lg mba, risih dengernya...suit harusnya dibaca "sut", ini suit suit bae.
Turut berduka untuk keluarga korban, semoga diberi ketabahan. Aamiin.
al_amin cooking
al_amin cooking - 17 hari yang lalu
Gk bisa bayangin para awak saat mnghdapi situasi
Smoga slalu dlm iman saat beliau berpulang
ALDI YT
ALDI YT - 17 hari yang lalu
Sedih😫
Atin Kusmi
Atin Kusmi - 17 hari yang lalu
Knp smpi saat inì tķ satupun ditemukan jasad mereka....aneh!
Ddu Grande
Ddu Grande - 17 hari yang lalu
Pedih rasanya hati ini ya Allah,,tempatkanlah mereka di syurgamu,para pahlawan bangsa....
Gani Mubarok
Gani Mubarok - 17 hari yang lalu
Salam Takziah dari Malaysia. Kamu adalah perajurit yang menjaga dan melindungi perairan Nusantara. Semoga kalian syahid. Al Fatihah
Vadel Vadriansyah
Vadel Vadriansyah - 17 hari yang lalu
Ya Allah sekarang dah kiamat kecil sekarang aku udah tobat kapan kalian tobat sekarang udah ada kiamat kecil tak berapa tahun lagi akan banyak nunggu kalian di akhirat bencana kiamat kecil adalah banjir gempa gunung aktif kecelakaan pesawat kapal menabrak kapal selam jatuh rusak dan corona dan kapan kalian hadapi ini jika kalian gak tobat kalau kalian akan bisa masuk surga bagi yang tobat kalian kenapa suka ejek game aku game bot roblox walau pun jelek tapi aku banga aku ada game seru
しᗴαͺ ᒍᗩᏀαͺα—žαͺα‘Žα€ κͺœ
tolonglah jangan samakan kapal militer dgn kapal sipil, dalam militer semua anggota sdh terikat komando dan sumpah setianya kpd tanah air, kalau orang biasa pasti terjadi upaya cari slamet sndr2, ini bedanya spt langit dan bumi, so jadi tak mngk ada upaya selamatkan diri masing2, cobalah gunakan logika. Saya berdoa semoga rakyat Indonesia makin dan semakin cerdas dan tdk mudah digiring, aamiien 🀲🏻
AMK TALEX
AMK TALEX - 17 hari yang lalu
😭
YtCrash Reborn
YtCrash Reborn - 17 hari yang lalu
Mohon doanya agar bisa sesukses channel
rima waty
rima waty - 17 hari yang lalu
Ampuni semua putra terbaik Indonesia ,tempatkan di sisiMU ya Tuhan tempat yang layak
raisha madrin
raisha madrin - 17 hari yang lalu
Astagfirulloh ga kebayang saat mereka di dalam sana berusaha menyelamatkan diri.. 😭.. alfatihah.. semoga semuanya ditempatkan di Surganya Allah..aamiin
Anggara Bintang
Anggara Bintang - 17 hari yang lalu
Merka adalah pahlawan kita demi menjaga Indonesia merka mempertahruhkan nyawanya πŸ™πŸ™ semoga tenang disurga selalu menjaga NKRI πŸ™πŸ™
Second D Channel
Second D Channel - 17 hari yang lalu
Selamat jalan para kru
Mawar Agustin
Mawar Agustin - 17 hari yang lalu
ya ALLAH ,,semoga semua kru khusnul khotimah😭
saiful lala
saiful lala - 17 hari yang lalu
gak usah debat..langsung di selamatkan..klu masih ad yg masih hidup..g usah bnyak2 bacot...kasian keluarga korbannya...
Mis Alasyariyah
Mis Alasyariyah - 17 hari yang lalu
Masya Allah ,
Kit Ting
Kit Ting - 17 hari yang lalu
Semoga allah memberikan yang terbaik...
ARM STR
ARM STR - 17 hari yang lalu
Uda kaya film kurts
Camong Brc
Camong Brc - 17 hari yang lalu
Semoga bgi kluarga kru di berikan ke kuatan di brikan kesabaran
wardani kusuma
wardani kusuma - 17 hari yang lalu
Ingat hidup maupun mati sudah ditangan yang kuasa jadi jangan ada yang nyalahin siapa2 karna kematian itu sudah ada waktunya sendiri2 jadi mari kita ikhlaskan saja
Ita Ita
Ita Ita - 17 hari yang lalu
Ya Allah 😭😭😭😭
llham RS
llham RS - 17 hari yang lalu
Mereka semua meninggal bukan dalam perang tapi karena alutsista usang. Jika ini dibiarkan saja( tidak diganti dgn yang modern) maka tahun tahun selanjutnya yang di pakai janganlah prajurit militer tapi para koruptor. Semoga arwah para pahlawan yang gugur di terima di sisi Allah SWT aamiin yra terimakasih pasukan penjaga NKRI πŸ™πŸ˜­πŸ˜­πŸ˜­πŸ˜­πŸ˜­πŸ˜­πŸ˜­πŸ˜­πŸ˜­πŸ˜­πŸ˜­
edi jarwok 58 team
edi jarwok 58 team - 17 hari yang lalu
mereka patroli untuk selamanya
Amirul Siddiq
Amirul Siddiq - 17 hari yang lalu
KRI di serang...
C L A R A
C L A R A - 17 hari yang lalu
masih belum percaya,,pelautku gugur dgn tragis..berikan tempat terindahmu untuk mereka semua yaa rob..
Defa Fitri Mutiana
Defa Fitri Mutiana - 17 hari yang lalu
Semoga diberi keajaiban amin
Iqbal Pramudya
Iqbal Pramudya - 17 hari yang lalu
Angkat ke vilm kayak film kapal selam kursk rusia, kalau itu murni kecelakaan dan keslahan pemerintahan rusia yg enggan di bantu inggris
firman 1985
firman 1985 - 17 hari yang lalu
semua adalah takdir
yg tinggal hanya untaian doa
semoga Alloh SWT senantiasa memberi ampunan dan pahala yg terus menerus buat korban
Nanggala 402
Hamid Mid
Hamid Mid - 17 hari yang lalu
Selamat jalan pahlawanΒ² ku, semoga kalian tenang di sisi Allah SWT. πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™ Bagi keluarganya mohon tetap tabah dan teruslah berdoa aminn ya rabbal alamin πŸ™πŸ™
Siti Rohmana
Siti Rohmana - 17 hari yang lalu
ya Allah semoga kapalnya bisa segera terangkat, dan semoga masih ada keajaiban semua awak kru masih bisa selamat didalam kapalnya
endri lopa
endri lopa - 17 hari yang lalu
Seandainya super hero itu ada dan nyata seperti di film.. pasti musibah besar seperti ini bisa di selamatkan.. ah cm berhayal.., semoga mereka di beri tempat terindah di sisi Allah. AMIN!
Nata Natashya
Nata Natashya - 18 hari yang lalu
Ga kebayang klo posisi kita keq mereka, semoga Tuhan selalu melindungi apapun yg sdg terjadi kpd mereka saat ini, saya yakin mereka adalah hebat dan yg terbaik serta ikhlas, mendapat terbaik di sisi Tuhan.
Buat keluarga yg ditinggalkan, ini ujian yg harus dihadapi, apapun mereka akan memberi simpul senyum dari kejauhan untuk kalian.
Tuhan, begitu banyak dan besar ujian melanda negri ini, kami hanya ingin merangkul aman, damai, tentram dan keselamatan, ampunilah segala dosa dan kelemahan kami, kami bersyukur untuk setiap nafas yg Engkau beri bagi kami.
Sehat sehat dan semangat ya kalian semua saudara saudariku
aishaa aqilla
aishaa aqilla - 18 hari yang lalu
H y
M. D. Nugraha
M. D. Nugraha - 18 hari yang lalu
Escape sweet
Andriko Sonjaya
Andriko Sonjaya - 18 hari yang lalu
Sekalipun make baju keselamatan ga bakal selamat si.
Rekor manusia menyelam tanpa alat bantu 253mtr.
Andriko Sonjaya
Andriko Sonjaya - 17 hari yang lalu
@YW iya wes
YW
YW - 17 hari yang lalu
Tidak ada yang mustahil bagi Allah... Mereka masih bisa selamat
Wali Pah
Wali Pah - 18 hari yang lalu
Kiranya kedepan pemerintah khususnya A B R I. memperhatikan semua alustista yg ada dan segera diremajakan
yg kolot2... dimesuamkan
Melki FF 98
Melki FF 98 - 18 hari yang lalu
Tidak terbayang seandainya ada beberapa awak nanggala yang selamat jikalau itu benar sungguh keajaiban Allah swt
Fauzi Uzi
Fauzi Uzi - 18 hari yang lalu
Tapi sampek sekarang blm jelas kejadian kenapa bisa terjadi begini,apakah aparat SDH tau.
Pesona Cah Gunung
Pesona Cah Gunung - 18 hari yang lalu
Nanggala 402, sejak awal dengar berita pencarian sampai ditemukannya rasa pilu mendalam. Ketika dengan ending potongan peristiwa detik2 terakhir, terasa semakin menyesakkan dan rasa kehilangan pun membuat air mata tak terbendung. Semoga semua mendapat tempat yang terbaik dan terindah❀️.
Nasehat untuk anda
Nasehat untuk anda - 18 hari yang lalu
πŸ˜­πŸ’”
Hijaw Lumut
Hijaw Lumut - 18 hari yang lalu
😭
Naufal Harits
Naufal Harits - 18 hari yang lalu
ngga kebayang di dalem kapal selamnya saat kondisi darurat, kedalaman segitu tubuh manusia ngga bakalan bisa menahan tekanan laut... ya allah :( semoga amal ibadahnya di terima di sisiMU. selamat jalan pahlawan indonesia
Rafineliz Family
Rafineliz Family - 18 hari yang lalu
Saya berdoa.supaya laut nya kering.agar mudah menemukan para korban yg tenggelam 😭
Ambo Nai
Ambo Nai - 18 hari yang lalu
Wkwkwk
Lx
Lx - 18 hari yang lalu
MK 11 MORTAL KOMBAT 11
Lismawati J
Lismawati J - 18 hari yang lalu
Yaa Allah tempatkanlah mereka di tmpt yg paling mulia di sisiMU.Aamiin
Fajar Nurahman
Fajar Nurahman - 18 hari yang lalu
Rest in love ❀️
Intan Nurayni
Intan Nurayni - 18 hari yang lalu
Sasageyo awak kapal nanggala 402
Mohammad Rizuan
Mohammad Rizuan - 18 hari yang lalu
Salam takziah daripada Malaysia semoga roh ditempat dikalangan orang beriman
Dicky Febianto
Dicky Febianto - 18 hari yang lalu
:')
Berikutnya