Letkol Heri Oktavian, Sosok Idealis dan Kritis, Komandan KRI Nanggala-402

18 629
941
 
Wartawan Harian Kompas Edna C Pattisina mengenal sosok Komandan KRI Nanggala-402 sejak 2011. Edna mengingat kembali mengenang sosok dengan Letkol Laut (P) Heri Oktavian yang ia kenal idealis dan kritis terhadap kesatuannya, sekaligus pada industri pertahanan Indonesia secara keseluruhan.
Artikel Terkait : www.kompas.id/baca/di-balik-berita/2021/04/25/pesan-dari-komandan-kri-nanggala-402/?
#KRINanggala402 #InsidenKRINanggala #HeriOktavian
=====================================
Simak kumpulan video berita Harian Kompas: klik.kompas.id/videoberita​​
Akses konten berita jurnalistik berkualitas
www.kompas.id/​​
Subscribe ID-card Harian Kompas: bit.ly/2ZrQ4EK​​​
Ikuti media sosial Harian Kompas
- Twitter: twitter.com/hariankompas​​​
- Facebook: facebook.com/hariankompas/​​​
- Instagram: instagram.com/hariankompas/​
Lamanya: 10:55

Komentar

Harian Kompas
Harian Kompas - 22 hari yang lalu
Baca artikel terkait “Pesan dari Komandan KRI Nanggala-402” di https://www.kompas.id/baca/di-balik-berita/2021/04/25/pesan-dari-komandan-kri-nanggala-402/
Alan paul Massie
Alan paul Massie - 18 hari yang lalu
@Nikolas Kristanto lp
Teduh Heartanto
Teduh Heartanto - 19 hari yang lalu
@Deddy Corbuzier Fans nah, ini dia.. belum diserang musuh, udah karam #KORUPTOR bikin #IRONIS
Ro Janah
Ro Janah - 19 hari yang lalu
@Deddy Corbuzier Fans ...
Arif Hidayat
Arif Hidayat - 20 hari yang lalu
@soni damara itu cuman isu pakai baterai lithium ion, kan ksbatteries yang bikin baterainya Nagapasa class (DSME 1400), Changbogo, dan type 214 nya Korsel, mereka itu masih bikin Lead Acid
Arif Hidayat
Arif Hidayat - 20 hari yang lalu
@soni damara saya bukan orang dalam PT Pal mas, emang seneng aja sama hal-hal yang berbau militer dan kebetulan juga kenal sama orang yang ngerti betul tentang alutsista.
Lowongan Kerja dan Info CPNS
Lowongan Kerja dan Info CPNS - 10 hari yang lalu
Anggaran utk TNI pasti mampu beli produk baru klo bener uang itu digunakan sepenuhnya. Hukum negara kita aj yg tdk mampu mengatasi korupsi di dalam TNI
Delta 21 Year
Delta 21 Year - 14 hari yang lalu
Masya allah..
Mari kita do.a kan para korban nanggala 402 agar khusnul khotimah,amal ibadahnya diterima dan di tempatkan dalam surganya allah. Amin ya robbal a'lamin...
Kata temen gue
Kata temen gue - 14 hari yang lalu
indonesia itu berita nya mudah meluas di seluruh dunia, jika insiden ini terus² di beritakan tak hayal negara lain
" menganggap " pertahanan indonesia kurang baik, belum berperang tapi sudah tenggelam. dan sudah pasti bibit² penjajah akan muncul kembali
dan kalian tak tau apa yg dirasakan para keluarga korban, selalu tertekan saat teringat orang yg pergi meninggalkan nya melalui berita bertema sama yang tak ada habis nya
Anas Jaya
Anas Jaya - 14 hari yang lalu
Turut berduka...
yudha prama wijaya
yudha prama wijaya - 15 hari yang lalu
Wah berarti produk kapal selam PT PAL Dan Korsel
Kurang canggih ya
😭😭
odovid
odovid - 15 hari yang lalu
gw akan dukung capres yg mau menghukum mati koruptor, membersihkan pemerintahan dari oligarki, dan memberantas habis cukong, bandar, dan mafia-mafia...
rahmi saputri
rahmi saputri - 16 hari yang lalu
Ngutang ribuan triliun sama rentenir china, tapi negara ini gak mampu beli alutsista yg terbaru & tercanggih.. malahan uangnya digunakan untuk pindah ibukota yg sebenernya gak penting dan gak mendesak.. Betapa keputusan yg sembrono.. Mirissssssssss
saliva16127
saliva16127 - 16 hari yang lalu
Orang jujur dan pintar tidak dihargai di negeri ini
Frederick Tumewu
Frederick Tumewu - 16 hari yang lalu
Bukan gak bisa beli baru tetapi udah biasa tu kalau gak diumpetin duit itu rasa nya gak srek mbak,budaya kite2 ini mau nya hidup serba wah.
Siti Nurul Fatimah
Siti Nurul Fatimah - 16 hari yang lalu
Pak menhan tolong dong😭
Travis Stoaty
Travis Stoaty - 16 hari yang lalu
✨❄🔯✨👼❄✨✨✨✨ ✨ *Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita dengan mengirimkan Anak-Nya Yesus Kristus, yang telah mati dan bangkit dari kematian untuk Beri kami hidup kekal.*
*Dia juga berjanji untuk menyembuhkan tubuh Anda.*
*(lihat ke atas dan tanyakan padanya)*
Lia Vero
Lia Vero - 16 hari yang lalu
Harus no 1 laju ke atas ini
Englishvit Channel
Englishvit Channel - 16 hari yang lalu
God Bless You
Febria Nurhayati
Febria Nurhayati - 16 hari yang lalu
Entah kenapa gambar depannya video, mirip captain Re Jong hyuk 🥺
iFath Tv
iFath Tv - 16 hari yang lalu
Jcp
Ahmad Firmansyah
Ahmad Firmansyah - 17 hari yang lalu
perwira idealis akan kalah sama mereka yg oportunis
.
. - 17 hari yang lalu
pengen TNI kita kuat secara instant, balikin aja dwifungsi TNI itulah harga yg harus dibayar
syaiful brutu
syaiful brutu - 17 hari yang lalu
setuju banget, jujur lah dalam memeproduksi, jika kurang bagus maka katakan kurang bagus, kedepannya di perbaiki,, semoga kedepannya pertahanan kita semakin membaik,, saya turut berduka atas gugur nya 53 pasukan terbaik, saya masyrakat biasa hanya bisa berdoa smga negara ini semakin membaik.
Leslie Chang
Leslie Chang - 17 hari yang lalu
TRENDINGIN INI! BERGUNA BANGET! DIBANDING BABI NGEPET WOYLAH
mela dhe
mela dhe - 17 hari yang lalu
Sebenernya mampu beli. Cuma kn tau ndiri korupnya...
Ainur Fitrah
Ainur Fitrah - 17 hari yang lalu
Up
Aji Khidir
Aji Khidir - 17 hari yang lalu
up trending!!! hukum mati para koruptor!!! gak ada solusi lain dari permasalah negeri ini!!! hukum mati koruptor, dan sita semua hartanya utk negara!!!! gak usah sembunyi dibalik HAM, justru koruptor itu bukan manusia, jadi sudah tidak ada lagi HAM buat para koruptor!!! buat koruptor tertangkap, dengan wajah takut dan merintih minta ampun krn takut dihukum mati, ini publik melihat koruptor ditangkap, msh bisa melambaikan tangan menebar senyum di depan pers, bahkan di lapas suka miskin, mereka msh bisa memesan dan set up penjaranya senyaman buat koruptor!!! Ayolaahhh,, mau sampe kapan lagi sih, bangsa ini senang menjahati anak bangsanya sendiri... hukum mati koruptor!!!!
Ari Krisdianto
Ari Krisdianto - 17 hari yang lalu
SALUT TNI AL
syifa fauziah
syifa fauziah - 17 hari yang lalu
Kirain gw panji
Mamancha Channel
Mamancha Channel - 17 hari yang lalu
Sedih bgt...negara Indonesia tercinta tp beli pertahanan perang bekas 😭😭😭
Adi Boys
Adi Boys - 17 hari yang lalu
https://youtu.be/TyojL_K5aZY
Gudang Trending
Gudang Trending - 17 hari yang lalu
Ini yg ngomong cewe apa cowo??
pilip tenonet
pilip tenonet - 18 hari yang lalu
https://youtu.be/Ep9sm8tdqB8
Gandi Bimantoro
Gandi Bimantoro - 18 hari yang lalu
Wajib di Up ini
Putra Ramadhan14 official
Putra Ramadhan14 official - 18 hari yang lalu
Peduli kucing jalanan mampir kakkk🥰🥰🥰🥰
Shakila Imut
Shakila Imut - 18 hari yang lalu
Semoga bapak ditempatkan ditempat teridah oleh Alloh Swt.amin
Shali
Shali - 18 hari yang lalu
NOH DENGER NOH, HARUSNYA YG TENGGELEM TU KORUPTOR
Trisyahanin Family
Trisyahanin Family - 18 hari yang lalu
Selamat menunaikan ibadah puasa dan jangan lupa shalat 5 waktu ..
Trisyahanin Family
Trisyahanin Family - 18 hari yang lalu
Jaga kesehatan ya semuanya di bulan Ramadhan ..
Trisyahanin Family
Trisyahanin Family - 18 hari yang lalu
Terimakasih infonya sangat bermanfaat ..
Trisyahanin Family
Trisyahanin Family - 18 hari yang lalu
Selamat jalan prajurit terbaik Indonesia ..
hotma utama
hotma utama - 18 hari yang lalu
Up
hotma utama
hotma utama - 18 hari yang lalu
Up
indra momo
indra momo - 18 hari yang lalu
Astaga kapan indonesia bisa membeli alusista baru jangan kapal,pesawat,tank lawas terus ayo up buat pemerintah
AUF KERSO
AUF KERSO - 18 hari yang lalu
Semoga untuk para korban khusnul hotimah.. Dan ditrima amal ibadah di akhirat.. Amiin🙏🤲
Svog 01
Svog 01 - 18 hari yang lalu
10:33 wait.. aku baru sadar yang duduk hadap kamera itu lektol Heri 😭😢
Amirah
Amirah - 18 hari yang lalu
Tonton speed 2x guys hehe😂🤣 lebih enak didenger.
09:04 hmm itulah indonesia..
Maya Nofita
Maya Nofita - 18 hari yang lalu
Monata
Sulsel Online
Sulsel Online - 18 hari yang lalu
Turut berduka cita
wargaindonesia
wargaindonesia - 18 hari yang lalu
Bang Heri... semoga tenang di sisi Sang Pencipta bang. Teringat saat sekolah dulu tiap malam telpon anaknya....😭
Boni Kem
Boni Kem - 18 hari yang lalu
Aku akan berusaha menyelamatkan mereka semua dengan helikopter 30 dan kapal 5
YA Official
YA Official - 18 hari yang lalu
Semoga Scorpeone Prancis dan Type 214 jerman jadi di borong pak prabowo
Berly X
Berly X - 18 hari yang lalu
Ko mirip orang yang nodong pistol ya ibunye
Alenia TV
Alenia TV - 19 hari yang lalu
SAYA MENERAWANG ARWAH MEREKA MASIH GENTAYANGAN DI LAUT BERHARAP ADA TABUR BUNGA. PESEN KI JOKO SAMUDRO
Tumini Tumini
Tumini Tumini - 19 hari yang lalu
Mohon maaf🙏...kenapa harus bli bekas?😭
Lisa Santika
Lisa Santika - 19 hari yang lalu
Semoga keluarga yang di tinggalka. di beri ketabahan,dan ya meninggalkan semoga di tempatkan di sisi allah yang terindah...amin
Berita Jakarta
Berita Jakarta - 19 hari yang lalu
Trendingkan
Ibnu Salam
Ibnu Salam - 19 hari yang lalu
Terus apa nanti kata moyang moyang mu yg pelaut itu hai Indonesia, malu kau beli kapal "sampah" dari negara lain. Ga perlu ngemis ke Korea, ga perlu ngemis ke Jerman, ga perlu ngemis ke Amerika, kita siapkan sendiri kapal kapal selam kita pake tenaga listrik atau bila perlu kita bikin DRONE kapal selam. Bisa pasti bisa!!!
Ayo pemuda Indonesia kita cabut Semeru dari akar nya!!!!!
Sabar Sayang
Sabar Sayang - 19 hari yang lalu
Semoga beliau masuk surga,amiin
Apriati Maisari
Apriati Maisari - 19 hari yang lalu
Kasian mereka. Tolonglah support sama alat pertahanan yg cukup. Dasar pemerintah
Bli Kasep
Bli Kasep - 19 hari yang lalu
Biar mereka gak bsa kembali kebumi, tapi mereka sudah diselamatkan Tuhan ke Surga 😇
Chris Hutama
Chris Hutama - 19 hari yang lalu
Patah hati... 🥀🇮🇩
Putu Galung
Putu Galung - 19 hari yang lalu
Miris juga beli kapal selam bekas 🙏 semoga kedepannya bs lbh baik lg
Yohanda Martira
Yohanda Martira - 19 hari yang lalu
Gak tau kenapa Menurut saya Letkol Heri mirip Bp Jendral Ahmad Yani,kisahnya pun hampir sama dg G-30 S PKI yg berjuang untuk negara Indonesia tercinta ini...semoga 53 pahlawan kita khusnul qotimah aamiin😇
Richard Satria Ferdinal
Richard Satria Ferdinal - 19 hari yang lalu
Tolong dong, Alat2 keamanan negara juga Di prioritaskan. Harga diri bangsa Pak......
gaji pejabat yg hanya duduk berdasi dikurangi, pahlawan2 Kita yg mempertahankan negara dgn taruhan nyawa itu harusnya yg paling tinggi gajinya.
Moh Rizky
Moh Rizky - 19 hari yang lalu
v
soldier of love
soldier of love - 19 hari yang lalu
Gaji dpr tuh kegedean gawenya cuma molor
TAJWID
TAJWID - 19 hari yang lalu
LUANGKAN 1 MENIT BACA FATIHAH UNTUK BELIAU PARA PAHLAWAN KITA..
INSYAALLAH KHUSNUL KHOTIMAH
Endang Purwati
Endang Purwati - 19 hari yang lalu
Turut berduka semoga husnulhotimah
Mudji Ono
Mudji Ono - 19 hari yang lalu
Mudahan didengar pemerintah kita,,, prajurit negara sendiri jangan dijadikan tumbal dengan alutista beli asing tapi kadaluwarsa sedih mba mendengarnya...
Ibnu alwan
Ibnu alwan - 18 hari yang lalu
Mudahan didengar pemerintah Indonesia,yg koruptor coba ditangkap ambil hasil korupsinya buat beli alutista yg baru baru miris selamat jalan bulan ramadhan ini bulan ampunan , Khusnul khatimah ...
Tan Ratu Artyka
Tan Ratu Artyka - 19 hari yang lalu
Ya allah kk ku heri ,.. 😭😭😭😭😭😭😭 ga nyangka bgt ak kk.. Semoga khusnul khatimah ya kk..
Alvi Septiera
Alvi Septiera - 19 hari yang lalu
😭semoga khusnul khotimah,kluarga yg d tinggal kn smoga d kuat kn.
Sukaina Naya
Sukaina Naya - 19 hari yang lalu
Dan pada akhirnya... Satu demi satu terungkap... Walau dengan keadaan yg mengobrak-abrik isi hati..🤧
Rama Arka
Rama Arka - 19 hari yang lalu
Up
Gibran Icha
Gibran Icha - 19 hari yang lalu
Asw
Heri setiawan
Heri setiawan - 19 hari yang lalu
Kapten heri keren semoga masuk syurga
Muhammad Apriadi
Muhammad Apriadi - 19 hari yang lalu
Secepatnya kita bikin sendiri, yg bagus perkasa, canggih ya bpk bpk penguasa, Amiin, bnyakkok SDM kita yg luar biasa, yg mau diajak membangun bangsa, asalkan sistem jujurnya berjalan dr awal.
Bonaventura Aaron
Bonaventura Aaron - 19 hari yang lalu
betul selama ini negara kita bak lucu lucuan dlm hal alusista dalam 3 matra, itulah knp negara tetangga msih berani masuk/melewati perbatasan tanpa izin terlebih dahulu. dan juga memang betul industri pertahanan kita bisa buat senjata dan tank tp blm teruji di medan perang, msh sebatas lomba tembak. Bukan merendahkan negara sendiri tp bgtlh fakta yg ada, prajurit kita secara skill tdk kalah sama negara luar tp kalah alusista ingat gak mungkin senapan serbu bisa mengalahkan rudal.... salam jangan bully.
Dhanny Widjajati
Dhanny Widjajati - 19 hari yang lalu
Ulasannya ckp baik sbg seorang jurnalis..semangat trs mbak
Ike Garlini
Ike Garlini - 19 hari yang lalu
Sangat2 kehilangan..smg dng kejadian ini pemerintah membuka matanya agar membenahi peralatan perangnya yg mumpuni dn tdk pakai brg2 rongsokan lgi. Jayalah negriku ❤
Ayu Septiyana
Ayu Septiyana - 19 hari yang lalu
Sangat tdk adil wooyy, buat kerja mempertahankan negara aja perhitungan amat. Giliran pejabat yg ongkang2 di kursi aja apa2nya serba mevvaahhhh.. jengkel aing!!!
ibnubaedhowi
ibnubaedhowi - 19 hari yang lalu
Ya bayangin aja kapal selam beli baru di negara orang minimak 4T sampe 7T, kapal selam PT PAL jv Korsel 1.5T ya wajar klo video atas bilang begitu, dan seperti biasa yang merasakan langsung kan org2 bawah/lapangan maka tepat lah kata2 di kaselnya "tabah sampai akhir" semoga selalu diberikan ketabahan dan keselamatan pada para TNI amiinn
Nyaree Cuan
Nyaree Cuan - 19 hari yang lalu
Apakah politik itu hanya untuk ajang memperkaya diri?
sari Mandiri
sari Mandiri - 19 hari yang lalu
Mgkn dengan seperti ini membuat pemerintah menyediakan kapal selam yang baru dengan kualitas yang baik.... selamat jalan 53 putra terbaik bangsa
Mey Rindu
Mey Rindu - 19 hari yang lalu
Kenapa ya suka banget beli second...maka katax kita negara kaya ada tambang emas besar, tambang batu bara, minyak, gas, nikel..kok armada tempur second..
Wahyu Utama
Wahyu Utama - 19 hari yang lalu
Banyak Hikmah dibalik KRI 402
Virga Prameswari
Virga Prameswari - 19 hari yang lalu
:")
Virga Prameswari
Virga Prameswari - 19 hari yang lalu
Sedih bgt
Mainmunah Siti
Mainmunah Siti - 19 hari yang lalu
Semoga Khusnul khatimah
Vina Sianturi
Vina Sianturi - 19 hari yang lalu
Inilah..kalau wakil rakyat nya DPR, pejabat di isi sm manusia2 koruptor, hati mreka sebenarnya bkn wakil rakyat tpi mental nyolong. Dan tdk ada kualitas membenahi negri ini. Mirisssss...dan memalukan..
Nasha A
Nasha A - 19 hari yang lalu
Buat Pahlawan Indonesia KRI NANGGALA 402…🥺
Engkaulah generasi harapan negeri..
Tiada lelah engkau mengabdi..
Tak gentar semangat dalam jiwa yang kau miliki..
Mengorbankan seluruh jiwa, raga, dan nyawa untuk negeri ini..
Semoga perjuanganmu dibalas dgn Syahid dan Syurga Firdausi..
AAmeen Ya Rabbal A'Lameen.
Al-Fatihah. 🤲
Salam takziah buat semua kaum keluarga dn rakyat Indonesia. 🇲🇨
Kami akn sentiasa mendoaknmu. 🇸🇬
Teresa Andrea Maheswari
Teresa Andrea Maheswari - 19 hari yang lalu
Sedih dengar cerita, miris banget, sudah seharusnya pemerintah mengawasi dan menyelenggarakan pertahanan AL,AD, dan AU yang benar melindungi negara dan tentara2 kita. Mahal harganya, jiwa yang terkubur untuk negara.
Unda_aby Mulder
Unda_aby Mulder - 19 hari yang lalu
malu bgt... bekas??
Dwi Setiyorini
Dwi Setiyorini - 19 hari yang lalu
Orang orang sperti pk heri ini harus nya diapresiasi .. Dia brani ngomong apa adanya ... Note: jgn cuma nyambung nyambungin kabel dibilang karya anak bangsa dan g bagus dibilang bagus ... Mirip mobil SMP itu.
Nanda Randa
Nanda Randa - 19 hari yang lalu
Ternyata mereka punya propesi luar biasa. Tapi namanya takdir tdk menjangka.
Angga Adam
Angga Adam - 19 hari yang lalu
9:22 ini realita yang kami rasakan
Den Fathurr
Den Fathurr - 19 hari yang lalu
what
Mega Diana
Mega Diana - 19 hari yang lalu
Mereka seharusnya tdk gugur kalau saja pemerintah membeli kapal selam yg aman dan bagus. Mana nih mentri pertahanannya
Yuli Yuli
Yuli Yuli - 19 hari yang lalu
Bukan Duitnya terbatas tapi ambisinya pada korupsi.uang Asabri itu berapa yg di korupsi seandainya di belikan itulah yg terbaik
tapi otaknya para penguasa itu bagaimana bisa korupsi
Adam Syw
Adam Syw - 20 hari yang lalu
Indonesia mendengar?
Housul Anwari
Housul Anwari - 20 hari yang lalu
Ini bukti menhan... Cuman omdo doang... Yg harus di korbankan anak buahnya.... Bicara alutsista alutsista... Mau diperbaiki... Kenyataanya hanya OMDO.... menhaaaan.
Menhaaaan.... Bisnis to bisnis aja yg di urusin..
jaka 86
jaka 86 - 20 hari yang lalu
Ikut bela sungkawa pahlawan angkatan laut kita dan keluarga yg di tinggal di beri ke iklasan dan ketabahan Amin.semangat menghadapi cobaan ini.
Burhan Burhan
Burhan Burhan - 20 hari yang lalu
Dari sekian banyak musibah yang terjadi terkait dengan TNI, baru kali ini saya betul² merasakan kesedihan dan duka yang cukup mendalam sampai berhari-hari terus update beritanya, dan setiap update terkadang sampai menangis, bukan tidak berempati dengan musibah² TNI lainnya, tapi kenapa musibah KRI Nanggala 402 terasa sangat berbeda dan sangat merasakan kesedihan yang luar biasa, padahal tidak satupun dari crew/abk yang saya kenal ataupun bagian dr keluarga,, semoga arwah semua abk ditempatkan ditempat yang terbaik.
Doaku untuk semua pahlawan² terbaik indonesia yg telah memberikan pengabdian bagi agama, nusa dan bangsa.. 😭 😭 😭
an
an - 20 hari yang lalu
merinding bgt di akhir yaallah
Berikutnya