Pernyataan Presiden RI tentang Perkembangan Terkini PPKM Darurat, 20 Juli 2021

15 000
5 600
 
*Presiden: PPKM Darurat Dibuka Bertahap pada 26 Juli, Jika Tren Kasus Covid-19 Menurun*

Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa pemerintah terus memantau penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang telah berlangsung sejak 3 Juli 2021 lalu. Menurut Presiden, relaksasi penerapan PPKM Darurat akan dilakukan secara bertahap mulai tanggal 26 Juli 2021, dengan catatan tren kasus Covid-19 mengalami penurunan.

"Kita selau memantau, memahami dinamika di lapangan, dan juga mendengar suara-suara masyarakat yang terdampak dari PPKM. Karena itu, jika tren kasus terus mengalami penurunan, maka tanggal 26 Juli 2021 pemerintah akan melakukan pembukaan secara bertahap," ujar Presiden Joko Widodo dalam pernyataannya terkait perkembangan PPKM Darurat yang disampaikan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa, 20 Juli 2021.

Kebijakan PPKM Darurat adalah kebijakan yang harus diambil pemerintah untuk menekan angka penularan Covid-19. Selain itu, kebijakan tersebut juga bertujuan untuk mengurangi kebutuhan masyarakat untuk berobat di rumah sakit sehingga tidak membuat lumpuh rumah sakit akibat kelebihan kapasitas oleh pasien Covid-19.

"Serta agar layanan kesehatan untuk pasien dengan penyakit kritis lainnya tidak terganggu dan terancam nyawanya," ungkapnya.

"Alhamdulillah kita patut bersyukur setelah dilaksanakan PPKM Darurat terlihat dari data penambahan kasus dan pemenuhan _bed_ rumah sakit mengalami penurunan," imbuhnya.

Sejumlah aturan yang akan dilonggarkan jika tren kasus menurun antara lain pasar tradisional yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari diizinkan untuk buka sampai pukul 20.00 dengan kapasitas pengunjung 50 persen. Adapun pasar tradisional selain yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari diizinkan dibuka sampai dengan pukul 15.00 dengan kapasitas pengunjung 50 persen.

"Tentu saja dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat yang pengaturannya akan ditetapkan oleh pemerintah daerah," lanjutnya.

Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen penjual voucher, pangkas rambut, penatu _(laundry)_, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha kecil lainnya yang sejenis diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai dengan pukul 21.00 yang pengaturannya juga akan diatur oleh pemerintah daerah. Di samping itu, warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan protokol kesehatan dengan ketat sampai pukul 21.00 dan maksimum waktu makan untuk setiap pengunjung 30 menit.

Sementara itu, kegiatan yang lain pada sektor esensial dan kritikal baik di pemerintahan maupun swasta, serta terkait dengan protokol perjalanan akan dijelaskan secara terpisah.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara meminta agar semua pihak bisa bekerja sama bahu-membahu untuk melaksanakan PPKM ini dengan harapan kasus Covid-19 akan segera turun dan tekanan pada rumah sakit juga menurun.

"Untuk itu, kita semua harus meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan, melakukan isolasi terhadap yang bergejala dan memberikan pengobatan sedini mungkin kepada yang terpapar. Pemerintah akan terus membagikan paket obat gratis untuk OTG dan yang bergejala ringan yang direncanakan sejumlah dua juta paket obat," jelasnya.

Untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak, pemerintah juga mengalokasikan tambahan anggaran perlindungan sosial Rp55,21 triliun berupa Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa, Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan sembako, bantuan kuota internet, dan subsidi listrik. Pemerintah juga memberikan insentif untuk usaha mikro informal sebesar Rp1,2 juta untuk sekitar 1 juta usaha mikro.

"Saya sudah memerintahkan kepada para menteri terkait untuk segera menyalurkan bansos tersebut kepada warga masyarakat yang berhak. Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat, seluruh komponen bangsa untuk bersatu melawan Covid-19 ini. Memang ini situasi yang sangat berat, tetapi dengan usaha keras kita bersama, insyaallah kita bisa segera terbebas dari Covid-19. Dan kegiatan sosial, kegiatan ekonomi masyarakat bisa kembali normal," tandasnya.


Bogor, 20 Juli 2021
Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Website: www.presidenri.go.id
ID-card: Sekretariat Presiden

Komentar

Feri Andika
Feri Andika - 6 jam yang lalu
Kebanyakan janji pak,,kami yg merasakan berbicara sangat mudah pak seperti membalikan telapak tangan kami yg menanggung & sangat meraskan sengsaranya mencari nafkah hanya untuk sesuap nasi,,hak kami di penuhin pak seperti...
1 bayar sewa rymah
2 listrik hrus dibayar
3 kebutuhan sehari2
4 keriditan & air
Contoh kecilnya semua harus di byr....
Nur Arifin 12
Nur Arifin 12 - 9 jam yang lalu
Kmaren disuruh jangan mudik, eh mudik... Jangan kumpul eh kumpul. Jangan luar kota eh luar kota
Giliran kasus naik, PPKM diberlakuin..
Pada protes.

Gw jg ngrasa rugi gara gara PPKM busuk ini. Tapi balik lagi, kebijakan muncul karena ada pemicunya. Bandel sih dibilangin jg suruh jangan mudik... Gara gara kalian bandel ttp mudik, kasus naik, ada PPKM busuk ini jadinya. Mana lama bgt lg. Diperpanjang terus
Nur Arifin 12
Nur Arifin 12 - 9 jam yang lalu
ITIT
Siti Fathimah
Siti Fathimah - 10 jam yang lalu
Dari sonO nya data turun kt rw rt nya..di Liat dr apa nya itu pusat ngedata penduduk,!!??semua kena dampak covidd pak presiden terhormat..
Risan Lembor
Risan Lembor - 20 jam yang lalu
Pak jokowi tolong beritahu ke pemerintah desa supaya jangan minta iuran bulanan kepda pengusaha kecil, kami sudah menderita tdk mendapatkan jualan karena PPKM ini dan masih ada pemerintah desa yang tidak mengerti dengan situasi ini, tolong dengar jeritan hati kecil dari kami pengusaha kecil pak😭😭😭😭🙏🙏 Dari Pulau dewata Bali pak🙏
David Guok
David Guok - 21 jam yang lalu
BSU kosong
Alek Wibowo
Alek Wibowo - Hari Yang lalu
Para koruptor di hukum mati indonesia ngk akan kyak gini tpi Kpan pak
Zul efendi
Zul efendi - 2 hari yang lalu
Muka ny pak ada aura kezoliman terhadap rakyat....
Dipa Aji
Dipa Aji - 2 hari yang lalu
jualan saya lancar pak,kemarin jual kalung,esoknya gelang sama anting pak,besoknya mau jual kendaraan,makasih pak🙏
qilmebae
qilmebae - 2 hari yang lalu
Halah wes tau
Irfan hakim
Irfan hakim - 2 hari yang lalu
Dipaksa Sehat Dinegara yang sakit:V,
Masjid ditutup Moll dibukaa dimana hati kecil nuranimu?
yang percaya Covid cuma orang² biadap camkan itu!
Ootsuki Hamura
Ootsuki Hamura - 2 hari yang lalu
Iya udah bagus peraturan nya 👍, tetapi bagaimana covid - 19 bisa dihentikan di Indonesia ini, kalau masyarakat nya suka melanggar PPKM, 😂😂😂 bikin pusing para polisi dan TNI yang mengatur PPKM karena masyarakat Indonesia kebanyakan melanggar, ngak mau mengikuti peraturan. Gimana nih cara mengatasinya pak jokowi kalau kebanyakan masyarakat melanggar peraturan PPKM 😂😂😂😂😂 bikin ngakak aja masyarakat Indonesia yang hobi melanggar dan gak bisa diatur 😂😂😂😂😂
Natasya Putri
Natasya Putri - 2 hari yang lalu
2 tahun dikamar rebaan terus :(
Mochtar Samsung
Mochtar Samsung - 2 hari yang lalu
Boro boro dibuka
Febby Ronggur
Febby Ronggur - 2 hari yang lalu
byk penyakit yg membuat org meninggal di rs pak , tapi kenapa skrg di bilang covid pak ?
A2n permana
A2n permana - 2 hari yang lalu
Yang saya takutkan di masyarakat saling iri
Karena tidak semua dapat
Corona covid menyusahkan
Pungli ,oleh aparat sebagaian jalan terus bagai toll dan tanpa tindakan
TOS we sakitu heula nuhun
Adi Hasibuan
Adi Hasibuan - 2 hari yang lalu
🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮🤮
Summer chan
Summer chan - 2 hari yang lalu
Tetap semangat jiwa kita harus tetap MEMBANTENG!!! YNTKTS😠😠!!
KOPSUS
KOPSUS - 2 hari yang lalu
Baru ngerasain kerja 2 bulan di resto,,, alhamdulilah setelah PPKN di perpanjan saya Suksek Jadi orang tua yang ga sanggup ngasih makan anak dan istri,, TERIMAKSIH PAK JOKOWI
Kenzie Wastu Prayata
Kenzie Wastu Prayata - 2 hari yang lalu
PPKM . saya orang Bogor, mau pulang ke Bogor di Jakarta banyak jalan yg di skat suruh putar balik sampe ke 6 penyekatan terakhir di jl raya Bogor (tapi petugasnya ngasih pengarahan kalo mau tembus ke sana harus putar balik terus lewat sana nanti juga tembus disana, dalam hati gw ngapain dikasih tau jalan tikus ini di skat gak guna dong malah bikin puyeng nyri jalan ngabisin bensin tenaga dan waktu orang2 yg beraktifitas doang) gak guna
𝖠𝖫𝖳𝖧𝖤𝖱𝖱𝖠
ternyata comen comennya beda dengan yg di tiktok mwehehe
wandri sugianto
wandri sugianto - 2 hari yang lalu
nga bacot we anjing achjhh
wandri sugianto
wandri sugianto - 2 hari yang lalu
kmha sia we achh jokowi edan
Jafar Akbar
Jafar Akbar - 2 hari yang lalu
Mengingatkan pak,semua kebutuhan pokok mahal.barang hampir tak terbeli....
Uang serasa tak ada harganya lagi.dah gitu,pemasukan minim bahkan tak ada....
Tangani covid secepatnya...byar ppkm / pembatasan...segera sirna.byar yg pedagang...dllnya bekerja dgn leluasa...
Jafar Akbar
Jafar Akbar - 2 hari yang lalu
Mengingatkan pak,semua kebutuhan pokok mahal.barang hampir tak terbeli....
Uang serasa tak ada harganya lagi.dah gitu,pemasukan minim bahkan tak ada....
Tangani covid secepatnya...byar ppkm / pembatasan...segera sirna.byar yg pedagang...dllnya bekerja dgn leluasa...
Hamba Allah
Hamba Allah - 2 hari yang lalu
🏳
Bang Doels
Bang Doels - 2 hari yang lalu
mau nanya update sinetron ikatan cinta boleh?
GREY kucing persia jantan
GREY kucing persia jantan - 2 hari yang lalu
Pak wiwi,kapan lengser?g malu ya?
Zainul Haq82
Zainul Haq82 - 2 hari yang lalu
Zainul haq PAI ,Klakah lumajang Jawa timur ,Semoga pandemi ini cepat mengalami penurunan Amin..
Milla Karmila
Milla Karmila - 2 hari yang lalu
Punya tebakan nih hayu yg jawab bener berarti anak politik 😂
Ban ban apah yg kuasai negara 😁
Septedy Bantul
Septedy Bantul - 2 hari yang lalu
sak karepmu penting ra ganggu le golek sandang pangan
Dani Batak
Dani Batak - 3 hari yang lalu
Utang negara kita gimana lunasinya pak
Fitri Yani
Fitri Yani - 3 hari yang lalu
Selama dari luar negeri masih masuk orang ...ga akan habis korona ini
eka
eka - 3 hari yang lalu
PPKM terus rakyat mu mbok pakani opo.opo Arep njalok mati kaliren Yen Arep ngomong dipikir sek pak ora gacuk ngono kui
Muhammad Yudi
Muhammad Yudi - 3 hari yang lalu
Ladang baru untuk para koruptor
perkokel Gaming
perkokel Gaming - 3 hari yang lalu
Tuhan.aku.lapar. kenapa d hapus
Argoo Slow But Sure
Argoo Slow But Sure - 3 hari yang lalu
Kami sekeluarga menyesal telah memilih anda
alwusary budi
alwusary budi - 3 hari yang lalu
👏👏 jadi orang pertama yang tepuk tangan 😂😂
Rio Kurniawan
Rio Kurniawan - 3 hari yang lalu
Tumbuh apa...Indonesia ni merdeka tp,rakyatnx terpenjara ....
Dippa Rangga
Dippa Rangga - 3 hari yang lalu
CERITA IKATAN CINTA sudah sampai mana, andien dan elsa gmn??? duhh itu Al jg kangen ceritanya🤗🤗🤗
Andra Official channel tv
Andra Official channel tv - 3 hari yang lalu
Rakyat bapak pada kelaparan
Mitha Nurleni
Mitha Nurleni - 3 hari yang lalu
Cek google presiden terburuk.
Rayn Indo
Rayn Indo - 3 hari yang lalu
Solusinya yaitu UU Kekarantinaan Kesehatan..gitu aja kok repot
Maskuthol
Maskuthol - 3 hari yang lalu
Jembus wedut
Agiuf
Agiuf - 3 hari yang lalu
Beban rakyat yg dipikul kelak berat banget loh pakkk
mbah bejo al blitari
mbah bejo al blitari - 3 hari yang lalu
Alhamdulillah saya dapat banyak perabot rumah tangga yang di jual tetangga buat biaya hidup karena kebijakan yang anda buat....
Terima kasih banyak pak.....
Mohon di perlama saja aturan itu biar perabot saya semakin banyak......
Mas Bamz
Mas Bamz - 3 hari yang lalu
usul pak jkw klau PPKM di perpanjang ...SPBU harus ditutup kalau emang di perpanjang.......
Sekalian menderita warganya pak....
arief rahman
arief rahman - 3 hari yang lalu
Bongol
Syahid Juang
Syahid Juang - 3 hari yang lalu
mundur teratur lebih terhormat pak...
Yusnita Sugiarti
Yusnita Sugiarti - 3 hari yang lalu
Ya Allah Pak diperpanjang lagi,,,jgn cm mikirin yg sakit Pak kita yg sehat jg perlu diperhatiin,,,klw terus2an begini apa beda'y kita dengan yg sakit tinggal nunggu giliran aja,,
Eginna Gresia
Eginna Gresia - 3 hari yang lalu
Yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin, hebatt sekali eperibadi😂
easy listener
easy listener - 3 hari yang lalu
Jika kalian ingin imunitas secara otomatis meningkat silahkan simak podcast babeh aldo dgn 2 dokter senior yg jujur :))
Aditya ady
Aditya ady - 3 hari yang lalu
Pandir
santuy 15
santuy 15 - 3 hari yang lalu
Mati itu di tangan awloh.. Bukan urusan persiden.. Jaga jaga si boleh tp kebijakan harus condong ke org kecil..ygbesar pastikuat.. Tp yg kecil pasti mati krna kebijakan.. Tolong pa liat yg kecil.. Jangan yg besar.
wildan setyawan
wildan setyawan - 3 hari yang lalu
Pelan-pelan Kematian Masal!!
OldNow
OldNow - 3 hari yang lalu
“Jika ada orang yang meninggal dunia maka malaikat berkata apa yang telah lalu (amal), sedangkan manusia membicarakan apa yang ia tinggalkan (warisan).” (HR. Imam Baihaqi)
Ali Nero
Ali Nero - 3 hari yang lalu
Presiden terburuk sepanjang sejarah
bale info
bale info - 3 hari yang lalu
👎
Un Faedah
Un Faedah - 3 hari yang lalu
Pemerintah dikasih kopid malh ketagihan...
titik yuliati
titik yuliati - 3 hari yang lalu
Memang kita tak bisa menyenang kan semua orang pak, semua kebijakn yg bapak aturkan akan selalu pro dan kontra bagi yg tidak di untung kan, namun pemerintah hrus memutus kan peraturan walao sangat berat, lanjut kan pak, jangan hiraukan rakyat yg membantah karena tak menguntung kan mereka
Didik Mrgb
Didik Mrgb - 3 hari yang lalu
Pak jadi kapan koruptor dihukum mati.impian rakyat kecil sederhana cuma ingin kuroptor di hukum mati agar jera
M Rizal Afan
M Rizal Afan - 3 hari yang lalu
Sabar yh...:v
Pu Tra
Pu Tra - 3 hari yang lalu
PPKM (Pak Presiden Kapan Mundur)
Akmal Risky
Akmal Risky - 3 hari yang lalu
Tocab
Umi Salamah
Umi Salamah - 3 hari yang lalu
Kita terancam nyawa karena kelaparan pak, nggak punya uang
Umi Salamah
Umi Salamah - 3 hari yang lalu
Pak kalo ppkm diperpanjang tolong ganti rugi ppkm juga di adakan untuk masyarakat
Tarmizi hakim Dalimuthe
Tarmizi hakim Dalimuthe - 3 hari yang lalu
intinya si covit mau menjajah islam
Rizky syahputra
Rizky syahputra - 3 hari yang lalu
Bosan lur
ARCHANNEL REBORN
ARCHANNEL REBORN - 3 hari yang lalu
gk oleh bansos gk patek'en, butuhku mung piknik loss gk rewel. cangkruk'an gk tolah-toleh koyok buronan. karaoke ndang bukak aku pngen nyanyi.
Firman Jaya
Firman Jaya - 3 hari yang lalu
Ppkm untuk rakyat indonesia...
Tka dari cina loss doll...
Hari Mukti
Hari Mukti - 3 hari yang lalu
Terus saya Makannyaa Pake Duit apa pak
Akun Akuntumbal51
Akun Akuntumbal51 - 3 hari yang lalu
Sekolah dibuka pak
I hate online scholl
Rusli Baihaqi
Rusli Baihaqi - 3 hari yang lalu
Minta tolong sampaikan kpd pak presiden.segera buka kembali sekolah seperti dulu.biar anakkku mudah menerima pelajaran. Diajari dirumah tdk gampang.mohon segera buka sekolah spt dulu🙏🙏
Arsyad Ji
Arsyad Ji - 4 hari yang lalu
Jgn yang miskin trs yg ditindas😡😡😡😡😡😤😤😑
Abdul Aziz
Abdul Aziz - 4 hari yang lalu
Tingkat kepercyaan saya terhadap pemerintah awalnya 80-90% namun kini turun ke 20% krn kalian terus menerus memasukkan virus mematikan ke dalam negeri hanya untuk membunuh para rakyat tak berdosa (what's in my mind) lumayanlan lah daripada 5% 🤭
Aulya Nugraha
Aulya Nugraha - 4 hari yang lalu
Rakyat bukan cuma butuh makan pak....bansos/BLT apalah itu namanya...gak smua org dapet...listrik,PDAM,WiFi,bensin,jajan anak,pempers,susu, bayar sekolah anak (sekolah swasta)...blm lagi yg punya cicilan....itu dibayar pake apa pak ?????? BLT 300rb/bulan..gak akan cukup pak #kasian mreka yg terdampak#yg ada nanti bansos dikorup lagi naik ke level 4#korupsi stadium 4#gitu az terus smp covid 7 turunan 😌😌
khotimah lampung
khotimah lampung - 4 hari yang lalu
Hadeuh pak pak, tidak punya solusi. Dikasih solusi Ndak mau
comel cnwn
comel cnwn - 4 hari yang lalu
Pak kenapa negara ini gak adil yah. Bagemana tindakan bapak kok gak ada .
Farid Pratama
Farid Pratama - 4 hari yang lalu
Tujuan menekan tingkat penularan Covid, tapi nyatanya gak sesuai yang di harapkan Covid semakin meluas dan tingkat kematian juga semakin tinggi. Kalo sudah tidak sesuai dengan tujuan jangan di perpanjang dong pak tapi cari solusi atau alternatif lain.
yus mpg
yus mpg - 4 hari yang lalu
Negaranya biar di atur anak2 aja pak... mungkin bapak capek...
Rose
Rose - 4 hari yang lalu
Pak kapan sekolah nya pak?
Bayu Tembria
Bayu Tembria - 4 hari yang lalu
Kerja kerja kerja , PHK PHK PHK Ra mangan Ra mangan Ra mangan ...Matek Matek Matek
Bintang Ashiddiq
Bintang Ashiddiq - 4 hari yang lalu
Hah gimana?? Koruptor aman?
😆
Rama Udin
Rama Udin - 4 hari yang lalu
urang sebagai rakyat bapa anu terdzolimi ku aturan ppkm. jaga ke diakherat urg rek menta nuntut keadilana ka bapa. inget pak akhirat th nyata
Penelusuran Alam Sekitar
Penelusuran Alam Sekitar - 4 hari yang lalu
😔
Dandi Fajar
Dandi Fajar - 4 hari yang lalu
#saverakyatkecil
Malik_ Rifki
Malik_ Rifki - 4 hari yang lalu
JANGAN KEBANTAKAN LEVEL PEDES PAK!, GANTI NMA BARU😅
Farhan Boyo
Farhan Boyo - 4 hari yang lalu
Spam laporkan chanel ini trus dislike
BazigoeЯ_
BazigoeЯ_ - 4 hari yang lalu
K sini cuma liat komen aja 😀🙏🏼
Ali Achsan sani
Ali Achsan sani - 4 hari yang lalu
maaf pak kritik sedikit memang selama ppkm ini berkurang yang terkena dampak positif covid19,kalo memang ppkm membuat berkurang dampak covid pasti rakyat bapak akan nurut walaupun terdesak dengan adanya virus ini
Shinta Wulandari
Shinta Wulandari - 4 hari yang lalu
PARAHHHH.
angger yordiant
angger yordiant - 4 hari yang lalu
Coba yang kemaren ngumpulin dukun santet buat nyantet israel absen dulu..
Siapa tau disini mulai ada yang butuh bantuannya.
JalanKeluar
JalanKeluar - 4 hari yang lalu
Yg ga setuju dislike aja kuy
Ragit DP
Ragit DP - 4 hari yang lalu
*Semoga Dapat Hidayah Ya Pak !*
_Bansos Dari Bapak Hanya Untuk Lubung Cuan Para ASN Daerah_
greenleaf shinpo qgrosir
greenleaf shinpo qgrosir - 4 hari yang lalu
Au ah elap udah kenap phk ..
....
........puyeng
Kum3n
Kum3n - 4 hari yang lalu
Covid ada, dan saya percaya... Tp di manfaatkan... 🤣🤣🤣
Nissa fatimah azzahra marta
Nissa fatimah azzahra marta - 4 hari yang lalu
Cepat sembuh ya.mudah"an iQ naik.
Gais,gw clik vidio langsung pause dan baca komen.sedih gw bacany 🤣
drg SCYO
drg SCYO - 4 hari yang lalu
Percuma pak PPKM sampe edgame pun gak guna kalo masyarakat nya gak mau di Vaksin haha. Salah ambil langkah pemerintah! Harusnya Vaksin dulu semua berbarengan sm H+1 PPKM. Yg bandel gak mau di Vaksin ajak ke Istana saja getok kepala nya pak
Felisio Boro
Felisio Boro - 4 hari yang lalu
Bantuan bantuan bantuan bantuan bantuan bantuan 1000 kali ngomong bantuan pun kalo gak sampe percuma pak
Berikutnya